jeasyui Sebagai Framework Aplikasi Single Page


jeasyui dapat dikatakan salah satu framework untuk membangun aplikasi single page, yang menggunakan jQuery sebagai librari inti di sisi klien.

jeasyui kini telah mendukung standar HTML5.

jeasyui merupakan alternatif bahkan pilihan utama untuk dijadikan framework aplikasi web di sisi klien, terutama bagi pemrogram yang sudah menetapkan librari inti dari aplikasi sisi kliennya adalah jQuery.

jeasyui memiliki fitur yang mendekati Sencha aka extJS, dengan komponen atau widgetnya yang memungkinkan pemrogram jQuery untuk bisa menyajikan data dalam bentuk grid dan dialog yang standar.

Penulis sendiri sebelumnya berharap banyak kepada jQueryUI, sebagai librari untuk membuat antarmuka. Tetapi sayangnya sampai dengan artikel ini ditulis, kebutuhan dasar untuk suatu aplikasi, apalagi aplikasi single page yang memerlukan komponen datagrid untuk menampilkan data dalam bentuk grid, belum juga ada (baca: belum jadi juga).
Dan yang menarik, ternyata jeasyui sudah dapat dikatakan sebagai suatu framework aplikasi web untuk sisi klien. Mengapa? Karena posisinya kini bukan sekedar sebagai librari atau plugin dari jQuery, tetapi sudah menjadi framework untuk membuat aplikasi sisi klien.

Struktur data yang didefinisikan oleh jeasyui sudah memenuhi kriteria minimal untuk bisa membuat antarmuka dan method-method yang disiapkan oleh setiap komponen juga sudah sangat memudahkan untuk pengembangan aplikasi.

Penulis sendiri, sudah mulai menggunakan jeasyui sejak dua tahun lalu, dan sekarang sudah mulai menggabungkannya dengan Twitter Boostrap, untuk membuat standar antarmuka yang lebih luwes lagi. 

Bootstrap sudah menyiapkan banyak komponen dan CSS yang bisa membuat aplikasi yang dibangun dengan menggunakan jeasyui bisa menjadi lebih baik lagi, terutama di sisi layout, form, dan icon-icon untuk suatu elemen. Jika kita mengandalkan jeasyui saja, maka banyak kesulitan dalam melakukan perancangan form aplikasi untuk entri data.

Beberapa class CSS ada sedikit bentrok, karena memiliki nama yang sama, untuk kegunaan yang sama. Misalnya class pagination, penulis terpaksa mempatch sedikit di sisi jeasyui, agar definisi dari Bootstrap tidak terganggu. Walaupun beberapa solusi di Internet, menunjukkan penyesuaian di sisi Bootstrap.

0 Response to "jeasyui Sebagai Framework Aplikasi Single Page"

Posting Komentar