Menganalisa Transaksi e-Commerce di Tokopedia














Tokopedia.com adalah salah satu website
E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan
dijalankan oleh PT. Tokopedia.




Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari
kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani
calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan,
bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk
yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah
ditentukan) 








Analisa Menu di Tokopedia: 



Navigasi Web adalah bagian dari situs Web yang berguna untuk
memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi
yang mereka cari. Dengan begitu pengujung web dapat dengan nyaman meng-explore
isi di dalam suatu web.


Posisi
Navigasi 




Posisi
sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi.
Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah
menelusuri situs Web.








- Top Navigation (Navigasi
di atas)













Pada tokopedia.com navigasi di bagian atas terdapat menu
pencarian , login , sign in , dan menu untuk mengirim pesan ke tokopedia.com.
Menu pencarian ini cukup tepat di letakkan dibagian atas, sehingga memudahkan
pengunjung yang ingin mencari sesuatu di tokopedia.com. Menu login dan sign ini
berfungsi untuk pengunjung yang ingin mendaftar ke tokopedia ataupun pengunjung
yang sudah terdaftar, sehingga member dari tokopedia.com.  Selain itu , di
pojok kiri web terdapat logo dari tokopedia.com, dimana logo ini akan selalu
terletak di posisi itu walaupun pengunjung berada di site-site lain di
tokopedia dan apabila di klik, pengunjung akan di arahkan ke halaman awal
tokopedia.

















- Center Navigation (
Navigasi di tengah )


Pada bagian tengah
tokopedia.com daftar kategori-kategori yang dapat dipilih pengunjung untuk
menuju kategori tertentu. Sehingga memudahkan  pengunjung dalam dalam
mencari produk/barang yang mereka ingin beli di tokopedia .








Selain itu , di bagian tengah (dibawah kategori)
 terdapat daftar produk-produk yang sedang popular di
tokopedia. Daftar produk ini di buat dalam bentuk
listing,yang berguna untuk menginformasikan pengunjung tentang produk
terpopuler saat itu.








-  Bottom Navigation
(Navigasi di bawah )


Di navigasi bagian bawah
berisi link-link tentang informasi umum yang terdapat di tokopedia, seperti :
cara belanja, cara berjualan, karir, kritik& saran. Navigasi ini sangat
berguna bagi pemula dalam mempelajari tokopedia.com, sehingga pengunjung
tersebut akan terpandu.  








Cara Bertransaksi di Tokopedia:






Kita tidak perlu pusing untuk transaksi di Tokopedia, karna
Tokopedia sendiri sudah memberikan ulasan cara bertransaksi melalui web
resminya.






1.     
Pertama-tama, tentunya Anda harus
mencari terlebih dahulu barang yang diinginkan. Anda bisa menggunakan fitur
pencarian yang tersedia di Tokopedia atau mencari menggunakan Direktori Produk
maupun Toko


2.     
Setelah menemukan barang yang Anda ingin
beli, klik menu "Beli" yang berada di sisi kanan layar produk.
Kemudian isi formulir Beli dengan alamat tujuan pengiriman barang (ongkos kirim
akan dihitung otomatis sesuai dengan lokasi penjual, alamat tujuan pengiriman
barang, dan berat kemasan), pada saat Anda memilih Kota pastikan Kecamatan dan
Kabupaten sudah benar untuk menghindari kesalahan penghitungan ongkos kirim
ataupun kesalahan pengiriman barang. Setelah selesai Anda bisa klik tombol
Tambah. Keranjang Belanja berfungsi untuk menampung barang-barang yang ingin
Anda beli. Anda bisa meneruskan berbelanja dan sewaktu-waktu apabila Anda ingin
melihat isi keranjang belanja Anda kembali, Anda bisa klik tombol
"keranjang" yang berada di sisi kanan Header Menu.  


3.      Setelah
puas berbelanja, konfirmasi pemesanan diperlukan sebagai konfirmasi belanja
Anda dan perhitungan total pembayaran yang harus Anda lakukan. Caranya, Anda
masuk ke keranjang belanja terlebih dahulu (klik "keranjang" di panel
sebelah kiri). Pada halaman ini Anda dapat mengecek pesanan dan Anda masih bisa
melakukan perubahan sesuai keinginan. Untuk pembelian produk dengan jumlah
banyak atau lebih dari satu, akan muncul pilihan langkah apa yang Penjual harus
lakukan jika stok yang tersedia hanya sebagian. Apakah Penjual harus
membatalkan kekeluruhan pengiriman, atau Penjual bisa mengirimkan barang yang
tersedia dan mengembalikan dana sisanya (NOTE: UNIK tidak mendukung Penerimaan
Barang Sebagian). Setelah itu Anda bisa memilih Metode Pembayaran dan klik
"Lanjutkan". Selengkapnya mengenai Metode Pembayaran dapat dilihat di
halaman Pembayaran.


4.      Setelah
berhasil diverifikasi, penjual akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan
baru. Penjual diberi waktu hingga 3 hari untuk memproses order. Apabila penjual
menolak order karena stok habis, perubahan harga, maupun alasan lainnya yang
menyebabkan pengiriman barang tidak dapat dilakukan maka dana yang sudah
dibayarkan akan dikembalikan ke saldo deposito pembeli.Apabila penjual tidak
memberikan konfirmasi status dalam 3 hari setelah pembayaran diterima, maka
pesanan akan otomatis dibatalkan, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo
deposito pembeli.Penjual yang sudah memberikan konfirmasi kesediaan memproses
barang, diberikan waktu hingga 5 hari dari tanggal pembayaran diterima
Tokopedia untuk menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang. Jika
tidak, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo deposito pembeli.


5.      Apabila
penjual sudah menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang, maka Anda
bisa menggunakan fitur Lacak untuk memantau sudah sampai di mana pengiriman
barang Anda.


6.      Setelah
barang sampai, Anda diberikan waktu hingga 3 hari untuk melakukan konfirmasi
penerimaan barang. Jika tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang hingga
akhir waktu yang ditentukan, maka transaksi dianggap selesai, dan dana akan
kami teruskan ke saldo deposito penjual. Pada banyak kasus, pembeli telah
menerima barang sebelum tombol konfirmasi penerimaan barang muncul. Hal ini
disebabkan karena Tokopedia bergantung pada data kurir pengiriman, dan seringkali
data belum di-update oleh kurir ketika barang sudah sampai di tangan Anda.
Harap menunggu 1x24 jam, kemudian Anda dapat melakukan konfirmasi penerimaan
setelah data terupdate. Karena Tokopedia tidak berjualan langsung, reputasi
penjual akan sangat bergantung pada setiap pembeli yang melakukan transaksi di
Tokopedia. Oleh karenanya luangkanlah waktu Anda untuk menulis ulasan singkat
untuk setiap transaksi yang telah berhasil, sehingga Anda bisa membantu
Tokopedia menyediakan iklim transaksi yang lebih nyaman. Anda bisa memberikan
ulasan kepada penjual terkait:


  • Kecepatan



Seberapa cepat penjual memberikan
konfirmasi pemrosesan barang yang Anda inginkan? Dan seberapa cepat pengiriman
dilakukan?


  • Akurasi



Seberapa tepat barang yang sampai di
tangan Anda dengan barang yang dijanjikan lewat gambar dan deskripsi di etalase
penjual?


  • Pelayanan



Seberapa baik penjual menanggapi
pertanyaan-pertanyaan Anda di Diskusi Produk ataupun melalui Kirim Pesan.  Berikan ulasan Anda dengan bahasa yang sopan.
Andaikan Anda tidak puas dengan kualitas barang yang dikirimkan, sampaikan
dengan bahasa yang sopan dan berikan penilaian sesuai dengan tingkat kepuasan
Anda. Di masa mendatang, kami akan memberlakukan sistem reputasi dua arah, di
mana penjual juga bisa memberikan ulasan terhadap pembeli dengan parameter
kesopanan.

0 Response to "Menganalisa Transaksi e-Commerce di Tokopedia"

Posting Komentar