Belajar Delphi With Database(CRUD pada Delphi) Part 1


Assalamualaikum.





Selamat Pagi gan.ketemu lagi dengan saya seorang mahasiswa semester 5 di salah satu Universitas Swasta Terbaik Di Kabupten Cianjur. Kali ini saya akan membahasa Seputar Pemrograman Delphi menggunakan database. karena di postingan saya sebelumnya saya telah memberikan e-book belajar delphi,oh ia saya disini menggunakan Delphi Xe-5 ya. jadi buat agan jangan khawatir walaupun saya menggunakan Delphi Xe-5 agan tetap bisa mengikuti tutorial ini.





ok bagi yang belum tahu dasar dephi silahkan kunjungi postingan saya sebelumnya .http://fadhil-it.blogspot.com/2015/01/belajar-delphi-dari-dasarawam-masuk.html  atau download langsung disini 





ok jika agan sudah paham dasar dari delphi sekarang selanjutnya kita menju tahap pertama belajar Delphi with database atau CRUD pada Delphi.





Bahan-bahan yang harus kita sediakan terlebih dahulu.





1. Xampp, Jika Agan Belum Punya silahkan download disini 


2. ODBC Connector, Jika Belum Punya juga silahkan download disni


3. Delphi Xe-5 atau Delphi2 lainya.




Nb: owh ia sebelum kita mulai tutorialnya,ada 1 hal yang perlu kalian ketahui saat pembuatan database. disini saya menggunakan XAMPP,kenapa saya menggunakan XAMPP tidak menggunakan Ms.Access untuk databasenya. pertama karena Xampp sangat mudah bagi saya. dan lebih enak di gunakan di banding Ms.Access yang masih banyak kekurangan dan keterbatasan.tapi untuk pemula seperti agan yang baru kenal dengan xampp. memang pertama belajar akan merasa ribet dan susah. tapi itu hanya pertama kali sajah. jika agan sudah terbiasa dengan XAMPP agan bakalan merasa nyaman menggunakan XAMPP di bandingkan Ms.Access. jika agan belum tahu kelebihan dan kekurangan dari Xampp dan Ms.Access silahkan baca2 di postingan saya yang ini gan.http://fadhil-it.blogspot.com/2015/08/kelebihan-dan-kekurangan-msaccess-dan.html




ok Setelah kita menyiapkan semua bahan yang di perlukan.



pertama-tama sebelum kita memulai membuat program CRUD pada delphi. kita siapkan dahulu databasenya. ok karena ini hanya untuk pemula dan hanya latihan saja kita bikin database yang sederhana sajah dahulu.



Pertama-tama jalankan XAMPPnya(Web Server) terlebih dahulu.







Setelah itu Buka Browser Google Chrome atau Mozzila terserah agan pilih yang mana sesuai kesukaan agan.setelah browser terbuka saat kita masuk PhpMyadmin untuk membuat database. bagi agan yang baru memulai menggunakan Database Web Server seperti Xampp atau Wampp ketikan localhost/PhpMyadmin pada kolom URL Browser lalu tekan Enter agar bisa masuk Halaman PhpMyadmin.











Setelah kita masuk ke PhpMyadmin. saatnya bikin database baru caranya klik icon database , icon ini ada di samping kiri layar kalian.setelah di klik icon tersebut ketikan pada kolom Buat Basis data dengan nama database "Delphi"tanpa Tanda Kutip




Setelah memberi nama database yang akan kita buat, klik tombol "Buat".


maka Database baru sajah kita buat dengan nama "Delphi" akan ada di daftar database di sebelah kiri layar kalian.







Setelah databasenya kita buat. klik database dengan nama  "Delphi" untuk membuat sebuah table agar nantinya kita bisa memasukan data2 yang kita inginkan di database dengan table tertentu sesuai kebutuhan kitanya nanti pada saat kita akan membuat sebuah Program Aplikasi Jadi yang baik dan bagus sesuai Alur Algoritma.





pada kolom nama table beri nama table Tambah_data dan jumlah fieldnya(Kolomnya) biarkan sajah 4. kenapa 4 field(kolom)? karena kita disini hanya akan belajar dasarnya dahulu disini saya akan menjelaskan dengan skala kecil terlebih dahulu sebelum ke skala yang lebih besar.




lalu klik tombol Kirim agar table tercreate(Terbuat).lalu kita akan di alihkan ke halaman untuk mengisi field2/kolom2 table yang kita buat. setelah itu kita isi field tersebut dengan Id_data,Nama_data,Tgl_lahir,dan Alamat.




pada Kolom Pertama Isi Field dengan "Id_data" jenis tipe datanya Int(Integer) dan Panjang Huruf atau panjang karakternya 11,fungsi field Id_data Ini akan kita beri Primary Key. untuk yang belum paham Apa itu primary key akan kita bahas di postingan saya selanjutnya :).


ok lanjut Kolom ke-2 beri nama "Nama_data" tipe datanya varchar dengan Panjang Huruf 35 atau sesuai keinginan kalian,Kolom Ke-3 beri nama "Tgl_lahir" tipe datanya Date lalu untuk panjang huruf kosongkan saja,setelah itu Kolom Terakhir atau Kolom Ke-4 Beri Nama "Alamat" tipe datanya varchar dan jumlah huruf 150.


setelah semuanya selesai sebelum itu pada kolom pertama "Id_data" pada Baris Indeks ubah menjadi Primary dan pada kolom AI centang Check boxnya.




setelah itu kita Klik Tombol Simpan.



Nah selesai sudah Kita membuat database untuk tahap pertama belajar Delphi. Selanjutnya di Part ke-2 kita akan mulai Membuat CRUD di delphi.





Belajar Delphi With Database(CRUD pada Delphi) Part 2


0 Response to "Belajar Delphi With Database(CRUD pada Delphi) Part 1"

Posting Komentar