PHP CodeIgniter : Upload Photo Via Webcam

Pada artikel ini kita akan mencoba sedikit script untuk mengirim gambar (upload) photo kedalam aplikasi menggunakan PHP melalui media webcam. Namum sebelumnya kita lihat dulu, sebetulnya apa ya WebCam itu ?123

Webcam adalah kamera digital yang dikoneksikan ke komputer, digunakan untuk telekonferensi video atau tujuan lain. Webcam dapat menangkap gambar video gerak-penuh, dan beberapa model termasuk mikrofon dan kemampuan zoom. Jika kita biasa melakukan upload sebuah gambar  sebuah plugin semcam jquery upload atau uploadify mungkin yang terlihat adalah inputan berupa file teks dengan tombol Browse disamping input element tersebut. Namun kali ini kita tidak akan menggunakan cara tersebut melainkan menggunaka media webcam dengan hasil seperti gambar dibawah :
SEBELUMSESUDAH
Upload photo lewat PHP Webcam IUpload photo lewat PHP Webcam I
HASIL PENYIMPANANHasil Jepret
Pertama, yang kita perlukan adalah library webcam, library ini terdiri dari dua file utama, yaitu file javascript dan file flashnya.
Kemudian, kita buat sebuah controllers dan letakan di /application/controllers/contoh_upload_webcam.php, setelah itu kita buat script seperti dibawah :

 

Sementara, untuk bagian view nya sendiri, kita buat file index.php dibawah folder /application/views/

 
Dengan script ini, kita bisa mengganti fitur upload photo yang biasanya menggunakan file-teks menjadi webcam. Happy Coding :)

DEMO 

GitHub Repository 

Sumber : http://www.citstudio.com/

0 Response to "PHP CodeIgniter : Upload Photo Via Webcam"

Posting Komentar