Daftar Harga Rebranding Desain Logo Perusahaan Terkemuka


Seperti yang saya janjikan pada artikel “Kenapa Kamu jadi desainer?“, hari ini saya akan share mengenai harga rebranding desain logo dari Perusahaan Domestik Terkemuka di Indonesia.


Kita tahu perusahaan besar multinasional dan terkenal berinvestasi sangat besar pada desain branding mereka. Di sini perlu kita garis bawahi bahwa biaya me-redesain logo berbeda dengan biaya me-rebranding. Biaya yang dibudungkan untuk melakukan rebranding akan lebih mahal karena termasuk biaya perubahan desain logo dan paket desain lainnya, biaya perubahan pada materi promosi, dan biaya untuk mengekspose branding tersebut ke pasar baik dari media cetak maupun digital.


A. Pendahuluan



Sebagai seorang Konsultan Desain dan Branding, rioDesign ingin berbagi mengenai seberapa besar sebuah perusahaan besar dan terkenal berinvestasi untuk desain brand mereka. Ketika sebuah perusahaan mempubliskan sebuah logo yang tidak profesional atau terlihat tidak cocok dengan perusahaan mereka, orang-orang akan mulai memperhatikan dan mulai memberi kritikan yang sangat pedas. Hal ini dipandang wajar, karena sebuah logo adalah gambaran “wajah” sebuah perusahaan.


Namun branding bukan sekedar berbicara “desain logo” saja, masih banyak aspek lain yang juga harus dipenuhi untuk melakukan branding. Di dalam dunia desain grafis, ada beberapa item yang harus dipenuhi untuk melengkapi sebuah proses branding, diantaranya termasuk :


  • Desain logo dan stationeri

  • Desain kemasan dan label produk

  • Desain website

  • Desain materi marketing (iklan, billboards, flyer, dll)






B. Harga Branding Perusahaan Dalam Negeri



1. Bank Mandiri



logo-mandiri


PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menghabiskan dana sekitar Rp 15 miliar untuk melakukan redesain logo sebagai bagian dari sebuah proses transformasi. Gelombang emas cair pada logo menyimbolkan kemakmuran finansial di Asia. Lengkungan emas mewakili sifat progresif pandangan ke depan, fleksibilitas serta ketangguhan atas segala kemungkinan yang akan datang. Bentuk logo dengan huruf kecil melambangkan sikap ramah dan rendah hati. The Brand Union adalah mitra yang dipilih oleh Bank Mandiri untuk meredesain logo mereka.


2. Telkom Indonesia



logo-telkom


Untuk meredesain logo ini, Telkom Indonesia menggunakan tagline “The World in Your Hand” yang berarti “Dunia dalam Genggaman Anda”. PT Telkom cukup merogoh dana sebesar Rp 3,2 miliar untuk melakukan logo ini dengan menggandeng The Brand Union.


3. Bank BNI



logo-bni


Pada tahun 2004 BNI melakukan rebranding perusahaan mereka dengan merubah seluruh penampilan perusahaan mulai dari logo, kartu ATM, backdrop, letterhead, formulir, kartu nama, hingga tampilan iklan, yang total keseluruhannya menelan dana Rp 2,7 miliar. Dalam logo baru ini, Bank BNI menggunakan warna turquoise untuk mencerminkan kekuatan, otoritas, kekokohan, keunikan dan citra yang lebih modern. Bank BNI bermitra dengan Landor Associates untuk melakukan rebranding desain perusahaan mereka.


4. Pertamina



Logo-Pertamina


Pertamina juga melakukan redesain logo perusahaan mereka. Dengan logo ini Pertamina merogoh dana sebesar 2,55 miliar dengan bermitra dengan Landor Associates.


0 Response to "Daftar Harga Rebranding Desain Logo Perusahaan Terkemuka"

Posting Komentar