Membuat Captcha di Codeigniter

Hallo Web Developers.., di hari libur ini kita akan memcoba membuat Captcha di Codeigniter, cara ini termasuk cara yang paling mudah karena sangat sederhana namun sangat berguna. Kebanyakan tutorial captcha dengan codeigniter yang saya temukan di google, menggunakan cara-cara yang rumit dan terlalu ribet dalam penggunaan nya. Disini kita akan coba cara termudahnya.
Captcha Codeigniter
Sebelumnya mari kenalan sedikit dengan Captcha.
Istilah “CAPTCHA” (berasal dari kata bahasa Inggris “capture” atau menangkap) diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Istilah ini adalah akronim bahasa Inggris dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart“.
CAPTCHA atau Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer.
Contohnya adalah sebagai berikut:
Contoh Captcha
Contoh Captcha,  sumber: wikipedia

Keguanaannya biasanya untuk mencegah SPAM, jadi untuk memastikan bahwa yang mengisi form adalah manusia makanya diberi tantangan berupa code (captcha) yang harus diketik oleh user (bukan mesin).

Captcha di Codeigniter

Oke langsung saja kita terapkan di codeigniter.
Perlu diketahui pada tutorial ini kita masih menggunakan codeigniter murni yang belum disetting sebelumnya.
Pertama buat dulu folder captcha, lokasinya sejajar dengan folder system dan application, setting CHMOD menjadi 777 atau 666.

Controller

Setelah itu buat sebuah controller bernama registrasi.php, dan tulis script berikut.



View

Selanjutnya kita buat sebuah view dengan sama registrasi_view.php, tuliskan code berikut ini untuk menampilkan captcha nya.



 Terakhir buat sebuah view lagi dengan nama berhasil.php



Hasil: Untuk hasilnya bisa dilihat di http://domain/index.php/registrasi
Oke sekian tutorial kali ini, semoga dapat mambantu pekerjaan anda.




Sumber : http://www.tutorial-webdesign.com

1 Response to "Membuat Captcha di Codeigniter"

Berbakat mengatakan...

thanks gan sangat bermanfaat tutorialnya

Pengiriman Via Cargo

Posting Komentar