Belajar Bahasa C++(Pertemuan 2 Part 1)

Assalamualikum.

hari ini saya akan membahasa lanjutan dari Belajar Bahasa C++ kemarin.yang akan saya bahas di pertemuan 2 pagi hari ini adalah mengenal TIPE DATA dan VARIABEL.

 Sedikit ulasan sebelum kita mengenal lebih dekat dengan tipe data dan variabel, Pada Prinsipnya suatu program komputer memanipulasi data untuk dijadikan informarsi yang berguna. Komputer memanipulasi berbagai macam data, buka haya agka, tetapi juga huruf, simbol, dan sebagainya. Dengan demikian perlu dipahami beberapa hal yang berkaitan dengan data, yaitu tipe data,variabel,dan nilai.

nah itu ulasan sedikit sebelem mengetahui apa itu tipe data dan apa itu variabel,dan seberapa penting sih tipe data dan variable itu.

ok pertama kita aka membahas dulu. apa itu TIPE DATA.

Tipe Data
, adalah sebuah sifat yang di miliki dari setiap data yang ada di bahasa pemrograman.Jadi setiap data pasti memiliki sebuah tipe data,apakah data itu merupaka angka bulat(Integer), angka biasa(Real, atau berupa karakter(String,Varchar,atau char), dsb.



Ada dua kategori Tipe Data, yaitu : Tipe Dasar dan Tipe Bentukan. Tipe dasar adalah tipe data yang disediakan oleh setiap bahasa pemrograman, antara lain: Bilangan Bulat(Integer), Bilangan Biasa(Real), Bilangan Tetap (Const), Karakter(Character atau char), Logik(logic atau boolean). 



Tipe Bentukan adalah tipe data yang dibentuk dari kombinasi tipe dasar, antara lain Larik(Array), Rekaman(Record).



VARIABEL.



Setiap data diwakili oleh suatu variabel,data memerlukan wadah, dan variabel perlu identifikasi sehingga perlu di beri nama agar bisa di bedakan dengan variabel lain.



Variabel adalah nama yang mewakili suatu elemen data, seperti jenkel untuk jenis kelamin, ttl untuk tempat tanggal lahir, alamat untuk alamat, dsb. Ada aturan tertentu yang wajib diikuti dalam pemberian nama variabel, antara lain :



1. Harus dimulai dengan abjad,tidak boleh dengan angka atau simbol.

2. Tidak boleh ada spasi di antaranya.

3. Jangan menggunakan simbol-simbol yang bisa membingungkan, seperti (titik dua,titik

    koma,koma,dsb)/

4. Sebaiknya memiliki arti yang sesuai dengan elemen data.

5. Sebaiknya tidak terlalu panjang.



Contoh nama Variabel yang benar : Nama, Alamat, Nilai_Ujian

Contoh nama Variabel yang salah : 4XYZ, IP rata, Var:+xyz,458;


0 Response to "Belajar Bahasa C++(Pertemuan 2 Part 1)"

Posting Komentar